Testimoni: Kekurangan dari Andromax R Smartfren


Testimoni: Kekurangan dari Andromax R Smartfren - Smartphone ini adalah produk dari Hisense yang bekerjasama dengan Smartfren. Ane membeli HP ini di Tokopedia dengan harga Rp 1.270.000 sedangkan bila membeli di gerai yang ada di ITC Roxi Mas harganya Rp 1.300.000 *tgl: 15 Januari 2016*.
Andromax R adalah smartphone paling laris diantara HP-HP lain keluaran Smartfren.
Kenapa banyak yang suka? Karena fitur-fiturnya sangat bagus dan harga andromax R sangat murah.
Di bawah ini adalah fitur-fitur yang ane suka sehingga memutuskan untuk membeli smartphone ini:
·         Kamera belakang 8MP dengan Flash
·         Kamera depan 5MP dengan flash juga
·         Auto Focus *Ane butuh untuk foto batu akik dan struk bukti transfer*
·         Ram 1GB *Untuk bermain game COC dan games dengan file besar lainnya. Dulu sewaktu masih memakai Andromax G2 ingin sekali bermain COC tapi sayang ketika dibuka sering mental/keluar sendiri. Wajar saja karena G2 ram nya hanya 512MB*
·         Layar 5 inchi
·         Bentuk tipis *Dibandingkan dengan G2*
Setelah tahu kelebihannya, sekarang akan ane kasih tahu kekurangan dari Andromax R ini:
·         Layarnya kurang respon/nge-lag
·         Auto Focus-nya sangat mengganggu ketika sedang merekam gambar bergerak/video. Hasil rekaman terlihat bergerak-gerak *ndut-ndutan* sendiri. Silahkan lihat video di bawah ini.

·         Ketika sedang mengambil gambar *memotret* dengan flash, kamera sering mati.
Nah, kekurangan yang terakhir itu paling banyak diperbincangkan di grup Andromax R yang ada di Facebook. Untuk ane yang hobi memotret, masalah ini sangat mengganggu. Maka dari itu ane berinisiatif untuk mengunjungi gerai smartfren di ITC Roxi Mas. Tujuan ane ke gerai yang beralamat di Jalan K.H. Hasyim Ashari gedung ITC Roxi Mas lantai 1, No. 14-15 Jakarta ini bukan untuk servis HP tapi untuk registrasi kartu perdana Smartfren 4G yang di dapat karena membeli HP dan untuk upgrade kartu yang lama *Evdo A* menjadi 4G. Untuk layanan registrasi dan upgrade kartu sim tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Waktu pengerjaannya juga sangat singkat. Untuk registrasi sekitar 10 menit. Jangan lupa untuk membawa KTP. Karena nanti ID ini dibutuhkan untuk registrasi. Sedangkan untuk upgrade kartu membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Itu juga karena kompi di gerai itu lemot jadi agak lama.
Setelah kedua proses itu selesai ane komplain kepada mbak Maulidiyah, CS yang cantik itu tentang fitur kamera yang sering mati ketika dipakai untuk memotret dengan flash.
Mbak Maulidiyah: Ooh...kalau itu versinya harus ditingkatkan. Tapi sayang di sini tidak bisa membantu karena datanya korup.
Lemes ane mendengarnya, akhirnya ane langsung pulang.

Minggu, 17 januari 2016
Kira-kira 6 hari kemudian ane berangkat ke gerai yang ada di Citraland mall atau Mal Ciputra jalan Arteri S. Parman. Setelah berada di dalam gedungnya cukup lama juga ane sampai di gerainya. Karena posisinya ada di lantai 4, nomor 36 dan ane juga tidak menggunakan lift melainkan eskalator. Sesampainya di sana hanya antri sebentar karena cuma menunggu 1 pengguna yang sedang bertanya-tanya kepada CS *Costumer Service*. Setelah di panggil dan duduk di depan CS, ane langsung memberitahukan tentang error yang terjadi pada kamera Andromax R ini. CS-nya bisa membantu membetulkannya, tapi sayang harus menunggu lebih dari 1 hari kerja. 1 hari tidak internetan saja membuat pikiran linglung apalagi sampai lebih dari satu hari. Bahaya!!! Karena ane menolak akhirnya si CS menyarankan untuk datang ke kantor Hisense yang berada di ruko samping gedung ITC Roxi Mas.

Senin, 18 Januari 2016
Ane izin tidak masuk kerja untuk pergi ke kantor Hisense karena kantor tersebut tutup jam 16:00 WIB *belakangan ane tahu ternyata tutupnya jam 17:00 WIB*. Sampai di sana ternyata tidak ada antrian untuk yang ingin service HP. Kebanyakan yang antri adalah pengguna yang ingin mengambil smartphone-nya. Setelah di persilahkan duduk oleh Csnya *Mas Yogie atau Yoga, ane lupa* ane langsung memberitahukan tentang error yang ada pada kamera andromax R yang sering mati ketika memotret dengan flash dan jack/colokan handfree yg tidak klop dengan lubangnya. Ketika di masukan jack-nya keluar lagi seperti ada PER di dalam lubang untuk handfree. Jadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika di coba oleh mas Yogie ternyata normal alias berfungsi. Dia berikan HP tersebut ke ane untuk di coba, ternyata memang berfungsi sebagaimanamestinya. Ane jadi malu sendiri dibuatnya. Untuk menutupi rasa malu, ane langsung menyampaikan keluhan yang kedua yaitu kamera andromax R yang sering mati ketika memotret dengan flash. Proses pengajuan keluhan cukup singkat *sekitar 10-15mnt* dan semuanya dilakukan dengan komputer seperti mendata tipe smartphone, nomor serinya, ID kita dll. Hasilnya di print dan kita tinggal tanda tangan saja pada formulir Acknowledgement *Tanda Terima*. Ane kira hasilnya bisa ditunggu hari itu juga, ternyata HP bisa diambil esok harinya. Tapi lumayan cepat lah dari pada pelayanan yang ada di gerai Mal Ciputra. Barang yang di ambil oleh CS cuma HP *mereka menyebutnya handset* tanpa aksesoris yang lainnya yaitu: Baterai, handsfree, charger, casing bagian belakang, kartu sim dan kartu memori.
Selasa, 19 Januari 2016
Jam 09:30 WIB  ane izin sama bos untuk pergi mengambil HP. Setelah HP Ane terima, langsung ane tes untuk memotret  dengan flash berturut-turut kira-kira sampai 20x. Alhamdulillah, kamera tetap aktif alias tidak mati mendadak.
Sebelum ente menyerahkan smartphone untuk perbaikan di kantor Hisense, ada baiknya membaca persyaratan yang ada di formulir Acknowledgement *Tanda Terima* terlebih dahulu. Silahkan di simak persyaratannya yang ane tulis berdasarkan formulir tersebut.



Dapatkan artikel terbaru melalui email:

8 Responses to "Testimoni: Kekurangan dari Andromax R Smartfren"

  1. Kok aneh sih, baru kali ini ane nemuin kasus seperti ini , mau foto pake flash tp harus tingkatkan versi ?, flash n camera bknnya dah satu paket ?
    #ane gagal paham

    BalasHapus
  2. Jadi begini om Oepiy Tarmin Supri, Flash & Kamera memang uda 1 paket cuma software dari hp ini tidak sanggup. Jadi harus di tingkatkan versi dari software-nya supaya kinerjanya maksimal.

    Yang jadi pertanyaan sekarang, "Apa kerjaan checker-nya yang tugasnya memeriksa kwalitas produk?"

    BalasHapus
  3. Smlm dpt upgrade pembaruan sistem,tp stlh tak upgrade hp lgsg mati kalo dibuat foto dg flash..pdhl sebelum upgrade baek2 aja tu hp buat foto dg flash.

    BalasHapus
  4. Waduh!!!
    Kok begitu y?
    Kalau ane setelah di service dpt pemberitahuan upgrade sistem. Setelah di upgrade kameranya biasa" ajj. Ngga kembali rusak.
    Kalau berminat service silahkan hubungi CSnya di Fans Page FB untuk bertanya tempat service terdekat dari tempat tinggal mbak Isna. Responnya CSnya sangat cepat. Ini linknya "https://www.facebook.com/smartfren/?ref=br_rs"

    Kalau untuk daerah Jakarta Barat ini alamat terdekat:
    untuk wilayah Jakarta Barat silakan kunjungi Galeri Smartfren di:
    1. Smartfren Mall Ciputra , Gd.Mall Ciputra Lt.4 no.36 Jl.Arteri S. Parman Grogol, Jakarta 11470
    2. Smartfren ITC Roxy Mas , ITC Roxy Mas Lt.1 No.14-15 Gd. ITC Roxymas Jl. K.H. Hasyim Ashari Jakarta 10150
    3. Puri Indah, Komp.Ruko Sentral Niaga, Blok T1-12A Jl.Puri Lingkar Dalam Puri Indah - Jakbar ( Seberang mall puri Indah )

    BalasHapus
  5. sore mas/mbak.saya ada keluan tentang andromax r saya,kemarin andromax saya perbarui sistem nya uda berhasil 100%,tapi habis pembaruan hp saya kok malah gk bisa,cuma muncul lambang andromax r 4g aja.saya tanya ke galeri smartfren di gresik jawa timur katanya gk bisa,malah saya di suru ke surabaya jl kalimun jawa,setela saya kesana katanya mesinya,saya di suru nunggu 21 hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bootloop adalah error paling umum yang terjadi pada smartphone. Ini adalah keadaan dimana HP android error tidak bisa booting atau start-up. Dikarenakan ini, sudah tentu kita tidak lagi bisa membuka menu utama ponsel, yang terlihat cuma stuck logo ponsel.

      21 hari itu bukan waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan. Itu pasti waktu antrian. Waktu untuk service paling lama 1 hari. Apalagi hardware/mesin adromax R masih tersedia banyak karena ini termasuk HP keluaran baru.
      Sebagai sesama konsumen, ane cuma bisa menyarankan supaya sob Muhammad Habibulloh bersabar menunggu waktu perbaikan.

      Kalau HP ane setelah perbarui sistem yang terakhir ini *sekarang tgl 30 Mei 2016* menjadi tidak lemot lagi. Alhamdulilah...

      Hapus
  6. Masalah lain lagi di andromax yg saya dapat yaitu saat camera saya set. iso me jadi iso 1600 dan flash on, wkt mau memotret malah power off andromax r nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu masalah umum. Banyak yang mengeluhkan seperti ini. Secepatnya di service ajj sob. Tinggal dimana? Kalo tinggal di wilayah Jakarta Barat silakan kunjungi Galeri Smartfren di:
      1. Smartfren Mall Ciputra , Gd.Mall Ciputra Lt.4 no.36 Jl.Arteri S. Parman Grogol, Jakarta 11470
      2. Smartfren ITC Roxy Mas , ITC Roxy Mas Lt.1 No.14-15 Gd. ITC Roxymas Jl. K.H. Hasyim Ashari Jakarta 10150
      3. Puri Indah, Komp.Ruko Sentral Niaga, Blok T1-12A Jl.Puri Lingkar Dalam Puri Indah - Jakbar ( Seberang mall puri Indah )

      Kalau ingin bertanya-tanya terlebih dahulu, silahkan hubungi CS-nya di facebook. Responnya CSnya sangat cepat. Ini linknya "https://www.facebook.com/smartfren/?ref=br_rs"

      Hapus

# Di larang mencantumkan LINK AKTIF

Bila Antum melanggar, maka komentarnya akan DIHAPUS!!!