Cara Terbaru Mengurus eKTP yang Hilang

Cara Terbaru Mengurus eKTP yang Hilang - Informasi yang akan ane berikan berdasarkan mengalaman pribadi. Pada tanggal 30 Oktober 2015 eKTP ane masih ada. Ane ingat betul, karena waktu itu ane scan eKTP di tukang fotocopy. Entah ane lupa memasukan ke dompet atau sudah dimasukan tapi kemudian hilang. Karena yang hilang cuma eKTP saja dompetnya masih ada di tas.

Sabtu, 7 November 2015
Pada pagi hari Ane iseng-iseng memeriksa KTP di dompet karena mau siap-siap mengikuti acara Gathering ke Taman Matahari Puncak, Jawa Barat (ane tinggal di Jakarta). Ternyata di dalam dompet tersebut sudah tidak ada KTPnya. Pulang dari Puncak sekitar jam 20.30WIB pada hari yang sama. Ane langsung menuju tukang fotocopy untuk burning foto hasil jepretan ane dan pak Dicky sekalian mau menanyakan tentang KTP ane, mungkin tertinggal di sana. Ternyata barang tersebut tidak ada di sana. Esok harinya ane langsung mengurusnya ke kantor polisi. Silahkan ikuti tahapan-tahapan membuat eKTP baru.

Tahap pertama

Senin, 9 November 2015
Jam 9.00WIB ane berangkat ke Kantor Polsek Kebon Jeruk. Di sana sudah banyak orang-orang yang akan membesuk tahanan. Ternyata hari Senin dan Kamis adalah waktu yang diberikan untuk membesuk. Ane mau laporan atau bertanya tentang prosedur melaporkan KTP yang hilang kepada petugas yang sedang piket/berjaga. Tapi meja tempat petugas piket tersebut kosong. Setelah lama menunggu, ane mencoba bertanya kepada polisi yang sedang wara-wiri. Beliau menunjuk ke arah salah satu ruangan untuk tempat Pengaduan, salahsatunya melaporkan KTP atau barang-barang yang hilang.

Setelah melewati beberapa antrian, giliran ane yang di panggil polisi yang bertugas.
Polisi (P): Ada keperluan apa?
Ane (A): Mao melaporkan kehilangan KTP pak!
Sambil menyerahkan fotocopy eKTP kepada pak polisi. Aparat tersebut langsung mengetik data yang ada di KTP ane.
P: Sudah berapa lama hilangnya?
A: tanggal 31 Oktober 2015 pak!
Sambil melihat kalender dinding yang ada di belakangnya.
P: Oooh... belum lama ya?
A: Iya pak!
Setelah menandatangani surat laporan kehilangan tersebut, proses telah selesai. Cukup cepat juga membuatnya. Ane kira bakal ditanya yang macam-macam. Misal: hilangnya dimana, sedang melakukan apa, kenapa laporannya baru sekarang dll.

Tahap kedua

mengurus ktp hilang,membuat ktp,ektp,catatanhaikal,kelurahan kedoya selatan
Formulir Permohonan Membuat eKTP
Setelah selesai di polsek, ane langsung berangkat ke Kelurahan Kedoya Selatan. Di tengah jalan bertemu dengan suami-istri yang tadi ada dalam 1 ruangan di kantor polisi. Ternyata mereka baru pulang dari kelurahan. Dan dia memberi informasi kalau mau menyerahkan berkas yang tadi di berikan polisi harus menyertakan Surat Pengantar dari RT & RW. Akhirnya ane membatalkan perjalanan menuju kelurahan. Dan balik kanan ke rumah Pak RT. Di tengah perjalanan bertemu dengan Pak RT yang akan pergi. Dia menyarankan untuk datang ke rumahnya nanti sore. Ba'da Isya ane datang ke rumahnya dan berhasil mendapatkan surat pengantar yang sudah ditandatangani dan di stempel. Anak Pak RT menyarankan untuk datang ke kantor RW esok pagi jam 9.00WIB

Tahap ketiga

Selasa, 10 November 2015
Jam 9.00WIB ane izin dari kantor, langsung menuju rumah untuk mengambil berkas-berkas yang di perlukan. Di antaranya: Kartu Keluarga, fotocopy eKTP dan Surat Laporan Kehilangan yang dari polisian. Setelah sampai kantor RW. Alhamdulillah, Pak RW-nya ada di tempat. Terlihat sedang di pijat kepalanya oleh seseorang. Salut untuk bapak RW yang satu ini. Walaupun lagi kurang sehat tapi tetap mengabdi pada masyarakat.

Tahap keempat

Menyerahkan tiga berkas tersebut ke petugas di kelurahan. Dan ane diminta untuk mengisi formulir Permohonan Membuat eKTP Baru. Kemudian formulir ini di gabung dengan ketiga berkas tadi.

Tahap kelima
Kantor Suku Dinas Kependudukan & Catatan Sipil Jakarta Barat,membuat ktp, mengurus ktp, mengurus ktp hilang,catatanhaikal,meruya utara,kecamatankembangan,kedoya selatan,ktp hilang,lapor ktp hilang
Kantor Suku Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Jakarta Barat

Menuju Kantor Suku Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil Jakarta Barat untuk menyerahkan empat berkas tadi. Untuk bagian eKTP adanya di lantai 2. Dan Jangan lupa membawa materai yang Rp. 6000. Setelah berkas-berkas yang ane bawa dinyatakan lengkap oleh petugas terkait, kemudian di kasih formulir lagi. Silahkan isi sesuai dengan pertanyaan.
Seingat ane pertanyaannya:
  • KTP/Barang tidak ada karena apa? Jawab: Hilang
  • Hilang di sekitar mana? Jawab: Kebon jeruk *nama kecamatan*
  • Barang apa saja yang hilang? Jawab: *sebutkan barang-barang yg hilang*
  • NIK? Jawab: *isi dengan NIK yang ada di KTP*
 Terakhir, tempel materai di formulir tersebut. Posisinya ada di kanan bawah. Biasanya ada tulisan "Tempel Materai di sini". Silahkan tanda tangan di atas materai tersebut. Cara tanda tangan di atas materai adalah sebagian tanda tangan kita harus ada di kertas formulir dan kertas meterai tersebut. Setelah selesai mengisi formulir tersebut serahkan kembali kepada petugas yang memberikan tadi. Kalau formulir yang kita isi sudah dinyatakan benar, maka semua berkas akan dikembalikan lagi dan di tambah dengan selembar kertas kecil.
Jangan langsung menyerahkan berkas tersebut kepada petugas yang ada di sampingnya, tapi fotocopy terlebih dahulu masing-masing 1 lembar. Setelah itu baru deh diserahkan kepada petugas yang berikutnya. Nanti ada berkas yang di ambil oleh petugas yang kedua. Sisanya akan diberikan kembali kepada kita. Dan dia akan menyuruh kita untuk pindah ruangan. Yaitu ruangan untuk membuat eKTP.

Tahap keenam *terakhir*

Di ruangan untuk membuat eKTP serahkan berkas-berkas yang tadi ke petugas. Di dalam ruangan tersebut ada 3 petugas, serahkan pada petugas yang di dekatnya ada Kamera Digital. Karena petugas itulah yang akan membuatkan eKTP baru kita. Kemudian cari tempat yang nyaman untuk istirahat sambil menunggu nama kita di sebut. Kalau ingin merubah tanda tangan, bilang saja ke petugas tersebut. Tidak usah ragu-ragu. Tapi nanti, setelah nama kita di sebut/di panggil.
Di ruangan ini prosesnya cepat, eKTP kita langsung jadi. Yang lama itu cuma ngantrinya :)

Rangkuman

Tahapannya:
  1. Ke Polsek untuk membuat laporan kehilangan *gratis*
  2. Minta surat pengantar dari ketua RT *sedekah seikhlasnya*
  3.                        "                         RW *sedekah seikhlasnya*
  4. Ke kelurahan untuk mengisi formulir Permohonan Membuat eKTP *gratis*
  5. Membuat eKTP di Kantor Suku Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil *gratis*
  6. Selesai 
Persiapan:
  • Fotocopy eKTP/Kartu Keluarga *1 lembar*
  • Materai Rp. 6000 *1 lembar*
  • Pulpen
  • Surat Laporan Kehilangan dari kepolisian
  • Surat Pengantar dari Rt/Rw
  • Formulir Permohonan Membuat eKTP 
  • Membawa uang untuk fotocopy berkas-berkas
  • Jangan lupa membawa air mineral *cape juga wara-wiri seharian*
Begitulah cara terbaru mengurus eKTP yang hilang. Repot kan?? Makanya di jaga tuh KTP jangan sampai hilang :)
Ada yang punya pengalaman unik atau lucu seputar pembuatan KTP? Bolehlah dibagi di sini.





Dapatkan artikel terbaru melalui email:

4 Responses to "Cara Terbaru Mengurus eKTP yang Hilang"

  1. gw apresiasi dan salut dgn info yg bagus dari bro haikal, memang benar tahapan2 birokrasi nya seperti itu. birokrasi bukan mempersulit, tapi mengajak kita agar menjadi warga negara yg baik, bijak, dan cerdas. jadi simpanlah dan rawat dokumen2 kita dengan baik. dan jangan pakai "calo/makelar" dalam mengurus sesuatunya, usahakan sendiri. supaya kita paham, mengerti peraturan dan tahapan birokrasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkasih atas apresiasi sob Putra Boenjamin.
      Sebenarnya kalau dirangkangkum 1 hari kelar bikin eKTP baru. Ane butuh 2 hari karena ngga dpt tanda tangan pak RTnya dan melakukannya juga sudah siang. Seharusnya dari pagi-pagi. Misalnya dari jam 8.00

      Hapus
  2. Kalo gda surat ktrangan rw gmna? Brp hri?

    BalasHapus
  3. Pasti di suruh balik lagi ke kantor RW. Kalau lengkap persyaratannya, cuma butuh waktu 1 hari saja

    BalasHapus

# Di larang mencantumkan LINK AKTIF

Bila Antum melanggar, maka komentarnya akan DIHAPUS!!!