Sunah Puasa

Sunah puasa yang berat di lakukan adalah pengakhirkan sahur.
Apalagi bagi orang-orang yang gemar merokok.  Karena mereka biasanya mempunyai jadwal untuk sahur  dan merokok satu batang sebelum masuk waktu imsak, dan waktu imsak yang cuma 10 menit itu di pakai untuk menggosok gigi.
Ada ga yang kaya gini?
Banyak sekali, termasuk ane sendiri sewaktu masih merokok.  He.he..he....
Tapi alhamdulillah sekarang sudah bisa berhenti merokok.

Dan ini hadits tentang sunah mengakhirkan makan sahur, sekitar setengah jam sebelum masuk waktu subuh

كَمْ كَانَ بَيْنَ فَرَاغِهِمَا مِنْ سُحُوْرِهِمَا وَدُخُوْلِهِمَا فِي الصَّلاَةِ؟ قَالَ: قَدْرُ مَا يَقْرَأُ الرَّجُلُ خَمْسِيْنَ آيَةً


Hadis riwayat Zaid bin Tsabit ra., ia berkata:
“Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah saw. Kemudian kami melaksanakan salat. Kemudian saya bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan salat)? Rasulullah saw. menjawab:
Selama bacaan lima puluh ayat “(Fathul Bari, 4/164)

Dan sunah yang kedua adalah menyegerakan (tidak menunda-nunda) berbuka puasa.
Kalau sunah yang ini tidak usah di suruh lagi pasti ane kerjain tanpa rasa berat. He....he..he....
Tapi bagi seorang perokok lebih memilih secangkir kopi/teh manis dan ditemani dengan sebatang rokok untuk berbuka puasa maka sudah cukup baginya.  Setelah itu baru mengerjakan shalat Maghrib.
Apakah perbuatan itu salah, ya... tidak juga intinyakan dia sudah menyegerakan perbuka puasa.

Nah ini haditsnya tentang menyegerakan berbuka puasa.

وَعَنْ سَهْلِ بْنِ سَعْدٍ رَضِيَ اَللَّهُ عَنْهُمَا, أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( لَا يَزَالُ اَلنَّاسُ بِخَيْرٍ مَا عَجَّلُوا اَلْفِطْرَ )

Dari Sahal Ibnu Sa’ad Radliyallaahu ‘anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Orang-orang akan tetap dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” Muttafaq Alaihi.

وَلِلتِّرْمِذِيِّ: مِنْ حَدِيثِ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: ( قَالَ اَللَّهُ تعَالى أَحَبُّ عِبَادِي إِلَيَّ أَعْجَلُهُمْ فِطْرًا )

Menurut riwayat Tirmidzi dari hadits Abu Hurairah Radliyallaahu ‘anhu bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Hamba-hamba-Ku yang paling Aku cintai adalah mereka yang paling menyegerakan berbuka.”

Dan sunah yang ketiga adalah berbuka puasa dengan 3 butir kurma
Salah satu hikmah berbuka dengan kurma, dikarenakan kurma mengandung banyak glukosa dan menurut penelitian ahli kesehatan bahwa makanan terbaik bagi perut dalam keadaan kosong adalah yg banyak mengandung glukosa karena mudah dicerna.

َوَعَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ اَلضَّبِّيِّ رضي الله عنه عَنِ اَلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ: إِذَا أَفْطَرَ أَحَدُكُمْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى تَمْرٍ, فَإِنْ لَمْ يَجِدْ فَلْيُفْطِرْ عَلَى مَاءٍ, فَإِنَّهُ طَهُورٌ

Dari Sulaiman Ibnu Amir Al-Dlobby bahwa Nabi Shallallaahu ‘alaihi wa Sallam bersabda: “Apabila seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya ia berbuka dengan kurma, jika tidak mendapatkannya, hendaknya ia berbuka dengan air karena air itu suci.” Riwayat Imam Lima. Hadits shahih menurut Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Hakim.

Sunah yang keempat adalah berdo'a setelah berbuka puasa.
Ini yang biasanya sering di lupakan sebagian orang.
 Disunahkan berdoa SETELAH BERBUKA, karena saat tersebut termasuk waktu mustajab berdoa
“Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa ketika saat berbuka ada doa yang tidak ditolak”. (Sunan Ibnu Majah, bab Fis Siyam La Turaddu Da’watuhu 1/321 No. 1775. Hakim dalam kitab Mustadrak 1/422. Dishahihkan sanadnya oleh Bushairi dalam Misbahuz Zujaj 2/17)

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ اْلأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ تَعَالَ


Dzahaba al-dhoma’u wabtali al-’uruuqu watsabbati al-ajru insya Allah

“Telah hilang dahaga dan telah basah urat-urat, dan telah ditetapkan pahala Insya Allah.” (HR. Abu Dawud, 2/306 no. 2357, An-Nasai dalam As-Sunan Al-Kubra, 2/255, Ad-Daruquthni, 2/185, Al-Baihaqi, 4/239, dari hadits Ibnu ‘Umar c dan dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani )

Sumber

Dapatkan artikel terbaru melalui email:

3 Responses to "Sunah Puasa"

# Di larang mencantumkan LINK AKTIF

Bila Antum melanggar, maka komentarnya akan DIHAPUS!!!