Pasar Tanah Abang Dewasa Ini

Setelah mengalami pasang surut dan pahit getirnya kehidupan "dunia perpasaran" selama hampir kurang lebih 2,5 abad, akhirnya pasar Tanah Abang (T.A) mengalami peremajaan memenuhi selera zaman dengan bentuk arsitektur seperti yang sekarang.  Pasar modern bertingkat dengan fasilitas memadai, dengan biaya sekitar 1,5 miliar rupiah, diresmikan tanggal 21 Agustus 1975.
Pasar T.A menempati areal seluas 2,6 ha.  Luas bangunan 11.152 m2, denagn luas pelataran 7.602 m2.
Bila dilihat dari segi pengunjung, jumlah kios dan pedagang untuk satu pasar di ibukota maka Pasar Pusat T.A merupakan salah satu pasar terbesar dan dikenal sejak dulu.  Negara tetangga bahkan sampai Timur Tengah mengenalnya.  Sebagai pusat perbelanjaan, T.A merupakan pasar khusus yang menyediakan bahan tekstil, pakaian jadi serta batik produk dalam negeri yang cukup berkualitas.
Volume peredaran bahan tekstil setiap harinya dapat dikatakan rata-rata 600 bal, baik yang datang maupun yang dikirim keberbagai daerah seluruh Indonesia.  Jumlah tersebut meningkat pada
hari-hari besar terutama Idul Fitri dan Tahun baru.
Sejak diremajakan jumlah pedagang sekitar 3.016 dan menempati kios sekitar 4.351 unit.  Kemudian dibangun kios tambahan 110 unit dan ditambah restoran 154.  Data ini diambil tahun 1982.
Pada tahun -tahun berikutnya adalah:
# 1976 ada 1522 pedagang
# 1977 ada 2.363 pedagang
# 1978 ada 2.312 pedagang
# 1979 ada 2.807 pedagang
# 1980 ada 3.012 pedagang
# 1982 ada 3.016 pedagang
umumya setelah tahun 1977 prosentasenya 55% pribumi.  Hal ini sesuai dengan kebijaksanaan Pemerintah DKI dan Pimpinan PD. Pasar Jaya untuk memberikan prioritas kepada pedagang bermodal lemah di antaranya dengan memberikan pinjaman modal KIK (Kredit Investasi Kecil) dan KMKP (Kredit Modal Kerja Permanen).
Pasar Tanah Abang Pusat Tekstil

Fasilitas Pasar
Untuk menambah kelengkapan sarana bagi pelayanan umum dan pedagana maka tahun 1981 telah dibangun Pusat Santapan Umum Pasar Tanah Abang dengan biaya sekitar Rp. 284 juta lebih.  Terdiri dari 154 rumah makan bertingkat denagn jenis makanan ala Padang , Betawi dan Tionghoa.  Direncanakan buka 24 jam alias siang malam.
Perparkiran bagi pasar T.A sangat penting.  Semua itu kini teratasiselain dengan mengunakan areal bawah , juga dibuatkan jalan menanjak menuju ke puncak bangunan.  Daya tampung areal parkir, seluruhnya berkisar sekitar 500 mobil dan 600 motor.  Di atas Blok B sebenarnya bisa di manfaatkan, namun setelah kebakaran tahun 1979 tidak lagi di gunakan parkir kendaraan.  Di sini juga merupakan landasan kapal terbang jenis Helikopter yang bisa digunakan. Untuk petugas parkir sekitar 40 tenaga.
Faktor keamanan bagi pasar seperti Tanah Abang menempati urutan teratas, tanpa keamanan pasar, bisa mengurangi peminat baik pedagang maupun pembeli.  Itulah sebabnya telah ditempatkan Satuan Pengamanan atau Satpam terdiri dari 65 orang yang umumnya telah terlatih dan banyak makan asam garam dunia perpasaran.
Kebersihan tidak kalah pentingnya dari yang lain.  Menurut menelitian, pasar merupakan produsen sampah yang cukup besar.  Pasar T.A adalah pasar tekstil, sehngga sifat sampah tidak membusuk seperti sayur mayur.  Setiap hari terkumpul sampah sekitar 15 m3.  Menginat luasnya areal serta bangunan tingkat, telah dikerahkan tenaga kebersihan sejumlah 83 orang.  Pengangkutan menggunakan kendaraan PD. Kesehatan. Mereka juga mendapatkan perhatian, misalnya memeriksakan mereka ke rumah sakit untuk urusan storing sebanyak 7 orang.
Mengingat pasar bertingkat, pihat pimpinan pasar juga memberikan pelayanan senagn memasang eskalator (tangga jalan) sejumlah dua buah yang menghubungkan Blok A dengan Blok B dan dari Blok A ke Blok C.  Pemasangan alat tersebut memang menjadikan pasar semakin ramai.
jumlah seluruh karyawan ada 145 orang pegawai negeri dan 205 tenaga honorer.
Mandi, Cuci dan Kakus atau lebih dikenal dengan MCK tersedia 6 unit, masing-masing terletak di Lantai Dasar, Lantai I dan II Blok A dan Blok C.
Untuk kepentingan komunikasi cepat, telah pula disediakan 3 unit telpon umum yang di tempatkan di Blok C Lantai II, di Blok B Lantai Dasar dan Blok D Lantai Dasar.  Tarifnya cukup murah yaitu Rp. 25. Sedangkan bagi pedagang yang mampu telah memasang sendiri di kios masing-masing, seluruhnya ada 405 nomor telpon.

Foto:  http://www.potlot-adventure.com


Dapatkan artikel terbaru melalui email:

7 Responses to "Pasar Tanah Abang Dewasa Ini"

  1. wah saya tidak pernah kesana sob

    ohya ada award di blog sya silahkan di ambil

    BalasHapus
  2. Pasar ini terkenal sampai Asia Tenggara sebagai pusat TEKSTIL, kerenkan

    BalasHapus
  3. Infonya keren juga ya sob tapi sayang sekali saya belum pernah kesana. Kalaupun saya kesana, bingung mau tinggal dmn. Nda ada juga keluargaq yg disana... :D
    O iya.. makasih atas kunjungannya di blog saya ya,.... (y)

    BalasHapus
  4. banyak tetangga saya sob disana,semuanya boz buah,boz kantin,mungkin sobat kenal salah satu teman saya yang disana,katanya di pasar tanah abang semaunya ada dan serba murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl belinya dalam jumlah banyak maka akan murah. kl belinya satuan agak sedikit murah

      Hapus
  5. loh ada pegawai negeri juga ya ternyata?
    ohya balasan sudah dilaksanakan. :)

    BalasHapus

# Di larang mencantumkan LINK AKTIF

Bila Antum melanggar, maka komentarnya akan DIHAPUS!!!