Kegiatan Lain Di Pasar Tanah Abang

Kelengkapan yang didapat di lingkungan pasar Tanah Abang (T.A) itu pulalah yang menyebabkan banyaknya instansi-instansi dan badan-badan swasta berkunjung ke sini untuk mengadakan penelitianatau studi perbandingan. Bahkan oleh Bapak Gubernur DKI dikatakan, apabila ada tamu-tamu dari luar negeri yang berkeinginan meninjau perpasaran, maka T.A selalu menjadi sasaran peninjauan.  Pejabat tinggi negara atau lembaga tinggi negara seperti DPA, Komisi DPR, Pimpinan BD7 telah mengadakan peninjauan, bahkan Bapak Presidan Soeharto sendiri pernah meninjau.  Itu bisa terjadi berkat kerjasama dan saling pengertian antara pimpinan pasar dengan para pedagang yang setiap saat dibina dan dipelihara.  Dalam membina kerjasama ini tentu saja ditempuh berbagai macam cara antara lain pertemuan antara pimpinan pasar dengan beberapa tokoh pedagang yang mewakili  kelompok usaha, para pengurus Koperasi serta tokoh-tokoh pedagang lainnya, sehingga usaha untuk memajukan pasar tidak hanya menjadi tugas pimpinan pasar namun juga menjadi kewajiban para pedagang.  Contohnya
bergotong-royong keja bakti kebersihan pasar bersama ibu-ibu Darma Wanita istri karyawan pasar dengan para pedagang.  Usaha sosial yang menyangkut kepentingan orang banyak seperti bantuan untuk korban bencana alam di Galunggung, pengumpulan Zakat Fitrah, dana untuk Idul Qurban dan dana PMI yang semuanya dilakukan bersama antara para pedagang.
Kegiatan sosial lainnya yang seperti mengadakan Musabaqoh Tilawatil Qur'an, santunan kepada fakir miskin, dinir darah dan ceramah agama.
Disamping kerjasama antara pimpinan pasar denagn pedagang bermodal kuat dengan bermodal lemah diberikan kesempatan mengambil barang dagangan dengan membayar cicilan atau setoran sesuai dengan barang dagangan yang laku terjual, sehingga dari sekian banyak pedagang dan terdiri dari berbagai suku tidak terjadi persaingan yang tidak sehat.
Untuk menjaga kondisi fisik para pedagang dan karyawan pasar, telah mengadakan latihan olah raga seperti bulu tangkis, sepak bola, lomba gerak jalan, lari maraton dan Club Jantung Sehat.  Bahkan sudah beberapa kali mengikuti berbagai pertandingan.
Bangunan proyek pasar Tanah Abang merupakan lambang dalam kehidupan.  Bagian bawah semata-mata untuk perdagang, sedangkan di puncak bangunan terdapat Masjid yang memberikan kesempatan pedagang untuk menunaikan kewajiban melakukan shalat.  Masjid yang bernama Fatahilah ini, peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Wapres Haji Adam Malik, peresmian oleh Mendagri Haji Amir Mahmud.  Biaya pembangunan sekitar Rp. 51.000.000,-.
Kerjasama degan instansi pemerintah terjalin denagn baik antara lain dengan pihak Kantor Pajak tercapai persetujuan dan pengertian yang baik tentang cara pemungutan pajak bagi setiap pedagang  tanpa mengalami kesulitan yang berarti.  Dengan pihak Kanwil Perdagangan tentang masalah Pendaftaran Usaha dan Ijin Usaha bagi pedagang yang memerlukan.  Dengan pihak unsur POLRI dan KODIM setempat dalam mengatasi terjaminnya kaamanan pasar.
Untuk meningkatkan kemampuan para pelaksana, pegawai sebagai salah satu unsur pelaksana telah diadakan usaha -usaha peningkatan dengan menambah ilmupengetahuan dan kecakapannya seperti kursus koperasi, Penataran P-4, Penataran Management dan latihan pegawai yang di selenggarakan Pemda DKI Jakarta, disamping itu kepada pegawai diberi rasa tanggung-jawab dan di siplin yang tinggi.

Dapatkan artikel terbaru melalui email:

9 Responses to "Kegiatan Lain Di Pasar Tanah Abang"

  1. folow balik yah sob saya sudah folow..

    BalasHapus
  2. pasar adalah jantung masyarakat,dan di pasarlah perputaran uang itu terjadi,menguasai pasara berarti bisa menjadi raja atau pemimpin,konsep inilah yang di pakai oleh para calon kandidat bupati atau gubernur dalam menjarinf dukungan,dimana hal pertama yang mereka lakukan jika ingin berkampanye adalah blusukan dulu ke pasar,....

    BalasHapus
  3. sobat tau banyak ya tentang tanah abang..
    mantapp..

    BalasHapus
  4. Disana juga banyak sekali kebutuhan dasar atau material pendukung untuk pembuatan garment, terkadang disaat kami kehabisan material dan menunggu lama jika order lagi ke nominated supplier yang notabene import kami bisa mendapatkan penggantinya di tanah abang.

    BalasHapus

# Di larang mencantumkan LINK AKTIF

Bila Antum melanggar, maka komentarnya akan DIHAPUS!!!